Jendoyle Design

Jendela Dunia Informasi

3 Jenis Termometer Yang Perlu Anda Ketahui

Kita semua mengetahui bahwa manusia memiliki suhu tubuh normal sekitar 35 – 36 derajat Celcius. Suhu tubuh ini bisa meningkat karena berbagai macam faktor diantaranya adalah demam. Seseorang dikatakan demam apabila suhu tubuhnya lebih dari 37.5 derajat Celsius dalam waktu yang cukup lama.

Kita tidak akan mengetahui hal ini tanpa menggunakan bantuan sebuah alat kesehatan. Dengan alat tersebut kita bisa mengukur berapa panas tubuh kita ketika normal dan ketika demam. Tahukah anda nama alat pengukur suhu tersebut ?

Benar, namanya Termometer. Berasal dari dua kata yaitu Thermo yang bermakna suhu dan meter yang berarti alat ukur, jadi thermometer sesuai namanya yaitu alat pengukur suhu. Tentu saja fungsinya untuk mengukur suhu, termasuk suhu tubuh manusia. Memangnya ada yang lain ? Tentu saja, berikut beberapa jenis termometer yang umum kita jumpai.

1# – Termometer Badan

Inilah jenis termometer yang telah kita bicarakan dari tadi. Termometer badan adalah sebuah termometer yang dirancang untuk mengukur suhu tubuh manusia. Termometer ini secara umum juga memiliki dua jenis yaitu termometer digital dan termometer manual (air raksa & alkohol)

2# – Termometer Ruangan

Termometer ini tentu saja berfungsi untuk mengukur ruangan. Apakah sama termometer raang dengan termometer badan ? tentu saja tidak sama, walaupun unsur yang digunakan sama yaitu mercuri (air raksa) misalnya, tapi sistem kerjanya yang berbeda. Termometer badan tidak akan bisa digunakan untuk mengukur suhu ruangan, karena termometer badan harus menyentuh fisik dalam pengukuran nya.

3# – Termometer Benda

Satu jenis termometer yang banyak digunakan di laboratorium yaitu jenis termometer yang berfungsi untuk mengukur benda. Termometer ini digunakan di laboratorium untuk penelitian misalnya mengukur suhu air mendidih, suhu es, dan sejenisnya.

Termometer dilihat dari cara kerjanya dibagi menjadi dua jenis yang sudah sedikit saya singgung di atas yaitu termometer digital dan termometer manual (air raksa/ alkohol). Kedua jenis termometer ini memiliki fungsi yang sama, hanya prinsip kerjanya yang berbeda yaitu bekerja dengan sensor elektronik dan yang manual bekerja dengan memanfaatkan sifat unsur atau zat kimia.