Jendoyle Design

Jendela Dunia Informasi

4 Aktivitas Sehari-hari yang Tanpa Anda Sadari Memproduksi Limbah

Ternyata limbah tidak hanya dihasilkan oleh kegiatan industri. Sebagai manusia yang dinamis dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, Anda tanpa sadar terus memproduksi limbah. Jenis limbah yang dihasilkan tentu saja berbeda dengan yang dihasilkan oleh mesin-mesin pabrik. Tetapi, tentu saja sama-sama berbahaya dan mengancam kelestarian lingkungan. Apa saja sih aktivitas-aktivitas itu?

  1. Mencuci baju dan piring

Ya, Anda tidak salah baca. Mengapa demikian? Detergen dan sabun colek yang kita gunakan untuk mencuci baju dan piring mengandung bahan kimia akan larut bersama air. Air sisa cucian apabila langsung dibuang ke selokan dan sungai akan mengancam biota yang hidup di dalamnya. Belum lagi bila meresap ke dalam tanah, lama-kelamaan akan mengganggu kualitas airtanah.

  1. Memasak

Seperti halnya mencuci, memasak tentu salah satu hal yang paling sering Anda lakukan bukan? Sisa-sisa hasil menggoreng ikan, sisa kulit bawang, dan bahan-bahan masakan lain inilah yang dinamakan limbah. Kemanakah Anda membuang ini semua?

  1. BAB (Buang Air Besar) dan BAK (Buang Air Kecil)

Berdasarkan survei yang dilakukan WHO, Indonesia menempati peringkat ketiga sebagai negara terburuk dalam hal sanitasi. Ini erat kaitannya dengan ketersediaan air bersih dan kebiasaan menjaga kebersihan sumber air. Kalau di rumah Anda sudah menggunakan septic-tank, itu hal yang baik, karena limbah ekskresi anda telah di-treatment dengan benar.

Namun, apa kabar saudara-saudara kita yang masih BAB dan BAK di kali? Bahkan terkadang di kali yang sama mereka mencuci dan mandi. Tak heran bahwa berbagai penyakit mudah mewabah.

  1. Tidak menghabiskan makanan

Kebiasaan yang satu ini juga secara tak sadar kita lakukan telah memproduksi limbah. Apalagi kalau makanan yang Anda konsumsi mengandung banyak minyak, lalu pada akhirnya dibuang sembarangan atau bahkan di kali dengan dalih untuk memberi makan pada ikan. Duh, bukannya memberikan manfaat, ikan lama-lama akan mati karena lingkungan hidupnya dirusak perlahan.

Pencemaran mata air, penurunan kualitas air, dan wabah penyakit adalah akibat dari kurangnya kesadaran Anda dalam mengelola limbah yang Anda produksi sendiri. Mulai sekarang mari kurangi produksi limbah dan kelola limbahnya dengan untuk menyelamatkan bagi bumi pertiwi.

Sumber artikel www.ipalbiorich.com.