Jendoyle Design

Jendela Dunia Informasi

Batik Keris Wayang Warisan Budaya Nusantara

keris batik wayang

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik memerintahkan semua rumah, bangunan pemerintah dan bangunan non pemerintah, hotel dan kedutaan besar yang dihiasi dengan ornamen batik, keris dan boneka Indonesia.

Hal ini ditunjukkan dalam presentasi sertifikat Unesco untuk warisan budaya batik, keris dan wayang di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (5/2/2010). “Saya telah membuat lingkaran sehingga di semua rumah kita, semua bangunan, semua hotel memiliki keris, ornamen dan boneka batik, kedutaan juga dimohon, semua untuk lobi pasti ada boneka, batik dan keris,” Jero Wacik. Penugasan ini dimaksudkan untuk mendorong pelestarian tiga warisan budaya global. Jero mengatakan, upaya efektif pelestarian tiga warisan budaya ini terlalu sering membawa atau menggunakan tiga warisan budaya tersebut.

“Batik lebih mudah dijaga karena kita suka memakainya, yang paling sulit adalah boneka dan kerisnya,” kata Jero Wacik. Saat ini pemerintah Indonesia menerima tiga sertifikat dari UNESCO sebagai wujud pengakuan terhadap warisan budaya Indonesia, yaitu batik, keris dan wayang. Selain itu, UNESCO juga memberikan sertifikat praktik terbaik untuk pelestarian budaya batik yang telah dilakukan Indonesia melalui pelatihan bagi siswa yang bekerja sama dengan Museum Batik Pekalongan.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik memerintahkan semua rumah, bangunan pemerintah dan bangunan non pemerintah, hotel dan kedutaan besar yang didekorasi dengan ornamen batik, keris dan boneka Indonesia.

Hal ini ditunjukkan dalam presentasi sertifikat Unesco untuk warisan budaya batik, keris dan wayang di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (5/2/2010). “Saya telah membuat lingkaran sehingga di semua rumah kita, semua bangunan, semua hotel memiliki keris, hiasan dan batikpoppen, kedutaan juga dimintanya, semua ke lobi pasti ada boneka, batik dan keris,” Jero Wacik. Tugas ini dimaksudkan untuk mempromosikan pelestarian tiga warisan budaya global. Jero mengatakan, upaya efektif pelestarian ketiga warisan budaya ini terlalu sering membawa atau menggunakan tiga warisan budaya tersebut.

“Batik lebih mudah dijaga karena kita suka memakainya, yang paling sulit adalah boneka dan kerisnya”, kata Jero Wacik. Saat ini, pemerintah Indonesia menerima tiga sertifikat dari UNESCO sebagai wujud pengakuan terhadap warisan budaya Indonesia, yaitu batik, keris dan wayang. Selain itu, UNESCO juga menawarkan sertifikat praktik terbaik untuk konservasi batikweek Indonesia yang telah dilakukan melalui pelatihan bagi siswa yang bekerja dengan Museum Batik Pekalongan.

referensi : jual keris sepuh kuno , ebay