Jendoyle Design

Jendela Dunia Informasi

Cara Memahami Dasar-dasar Perawatan Mobil

Mempertahankan kendaraan Anda mungkin tampak menakutkan pada pandangan pertama.

Mungkin membantu Anda memikirkan mobil atau truk Anda sebagai kumpulan perangkat mekanis sederhana yang bekerja sama untuk membawa Anda dari satu tempat ke tempat lain, alih-alih memandang kendaraan Anda sebagai satu mesin yang sangat rumit.

Cobalah fokus pada setiap fungsi mobil dan apa yang diperlukan untuk mempertahankannya. Perawatan yang tepat secara signifikan akan memperpanjang umur kendaraan Anda dan mengurangi sakit kepala perbaikan di masa depan.

  • 1. Memeriksa Kendaraan Anda

Periksa kedalaman tapak ban Anda secara teratur. Ban datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan tergantung pada aplikasinya, jenis dan kedalaman tapak dapat bervariasi. Kebanyakan ban sekarang datang dengan garis keausan tapak yang melintasi ban yang tegak lurus dengan alur tapak.

Setelah tapak melambat sampai ke titik bahwa garis-garis keausan tapak bahkan dengan tapak, ban Anda perlu diganti. [1]

Metode umum lain untuk memeriksa keausan tapak adalah dengan menekan penny terbalik ke dalam alur di antara tapak. Jika Anda bisa melihat semua kepala Abraham Lincoln, tapak itu terlalu lusuh.

Mengendarai ban dengan treads yang terlalu lusuh dapat menyebabkan tertiupnya ban atau kehilangan daya tarik saat hujan.

  • 2 Pastikan ban Anda benar-benar mengembang.

Ban Anda dirancang untuk beroperasi dengan tekanan udara tertentu di dalamnya.

Mengendarai ban yang tidak berfungsi dapat merusak roda samping ban, menyebabkan ban pecah dan mengempis.

Lihatlah pada sisi ban pada kendaraan Anda untuk rating tekanan maksimum untuk ban, lalu isi untuk mencocokkan.

Tempatkan pengukur ban pada batang katup ban untuk melihat apakah ban membutuhkan udara, kemudian gunakan kompresor udara untuk mengembang ban Anda jika perlu. [2]

Di bawah ban yang digelembungkan juga dapat secara dramatis mengurangi jarak tempuh gas Anda, karena kendaraan bekerja lebih keras untuk mendorong Anda pada ban lunak.

Ban yang digelembungkan juga lebih rentan terhadap blow out dan akan mengurangi masa pakai ban Anda.

  • 3. Periksa sabuk serpentine atau aksesori Anda untuk tanda-tanda kerusakan.

Mesin Anda menggerakkan aksesorisnya seperti pompa power steering, AC, dan alternator menggunakan belt yang digerakkan oleh pulley engkol.

Sabuk ini bisa aus atau menjadi rusak jika pulley memburuk atau mereka menggosok sesuatu di ruang mesin. Inspeksi sabuk ini secara visual untuk tanda-tanda retak, gosok atau kerusakan lainnya.

Jika sabuk tampak rusak, harus diganti. [3]

Jika kendaraan Anda dilengkapi dengan sabuk timing, itu dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada mesin Anda jika rusak.

Jika Anda melihat tanda-tanda menggosok, Anda harus memindahkan apa yang digosok ketika Anda mengganti sabuk untuk memastikan tidak ada lagi.

  • 4. Periksa tingkat minyak Anda secara teratur.

Untuk memeriksa oli Anda, temukan dipstick di kendaraan Anda. Bagian atas dipstick biasanya berwarna kuning cerah dan mudah diidentifikasi, tetapi jika Anda kesulitan menemukannya, lihat buku manual pemilik untuk kendaraan Anda.

Tarik dipstick keluar dan bersihkan minyaknya. Lihatlah celananya yang bersih sehingga Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi garis penuh, lalu geser kembali ke dalam mesin. Keluarkan sekali lagi dan lihat pada tingkat yang dicapai minyak pada tongkat. [4]

Jika dipstik Anda memiliki banyak garis, yang paling atas menunjukkan “penuh” dan setiap baris di bawahnya menunjukkan satu liter minyak yang perlu ditambahkan.

Jika kadar minyak Anda rendah, itu mungkin karena kebocoran minyak. Isi kembali dan periksa sering untuk menentukan apakah ada masalah dengan minyak bocor atau terbakar di kendaraan Anda.

  • 5 Pastikan kendaraan Anda memiliki cukup cairan pendingin dan rem.

Di bawah tenda, Anda akan menemukan reservoir cairan pendingin dan rem. Wadah plastik ini akan memiliki garis di dalamnya yang mewakili seberapa banyak cairan yang harus ada di masing-masing. Jika mereka berada di bawah garis penuh, Anda harus melengkapi mereka untuk memastikan kendaraan Anda tidak pernah berjalan tanpa keduanya.

Lihat panduan pemilik Anda untuk membantu Anda mengidentifikasi waduk dan pilih cairan yang tepat untuk menggantinya dengan, sesuai rekomendasi pabrikan. [5]

Coolant berjalan melalui mesin Anda untuk membantu mengatur suhu mesin.

Kendaraan Anda menggunakan cairan rem untuk menginjak rem saat Anda menekan pedal. Cairan rem rendah dapat menyebabkan kendaraan Anda rem tidak teratur atau gagal untuk rem sama sekali.