Jendoyle Design

Jendela Dunia Informasi

Laptop atau Notepad? Cara Mengambil Catatan yang Berfungsi untuk Anda.

Mencatat adalah bagian penting dari sistem pendidikan yang masih ada, mulai dari tahun-tahun sekolah dasar yang lebih tinggi sampai gelar pascasarjana. Dalam waktu saya (yang diakui singkat) sebagai sarjana universitas saya telah menemukan bahwa Tidak ada cara yang ‘benar’ untuk menulis catatan karena tidak ada satu metode yang berhasil untuk semua orang.

Dalam blog ini saya telah menyusun beberapa cara yang saya sukai untuk mencatat dan beberapa cara alternatif yang mungkin terbukti sama efektifnya.

Kategori pencatatan

Saya akan memberikan tips tentang 3 jenis pencatatan:

– catatan di atas kertas

– catatan di laptop

– kartu catatan

Mencatat di atas kertas

Mari mulai dengan mencatat di atas kertas. Ini adalah metode yang saya sukai untuk mencatat karena saya merasa lebih mudah untuk memproses dan mengingat informasi jika saya secara fisik menuliskannya, tetapi sekali lagi Anda mungkin menemukan metode berbeda yang bekerja lebih baik untuk Anda.

  • pertama-tama, pastikan catatan Anda diatur! Salah satu cara saya melakukan ini adalah membuat dua set nada. Kumpulan catatan pertama adalah draf kasar sehingga bisa jadi berantakan seperti yang saya suka. Catatan-catatan ini dibuat dalam kuliah dan saya pada dasarnya mencoba untuk mencatat sebanyak mungkin informasi (Terutama penambahan yang diucapkan pada ceramah yang tidak ada dalam slide).

Kumpulan catatan kedua yang saya buat jauh lebih rapi dan lebih teratur. Catatan ini dibuat setelah ceramah dan mengandung lebih banyak informasi. Saya menggunakan slide ceramah untuk konten utama dan menambahkan fakta lisan tambahan ke dalam margin.

  • kedua, jangan soroti! Meskipun sorotan tampak seperti ide bagus pada awalnya, beberapa baris fakta fluorescent dengan cepat berubah menjadi paragraf teks blok kuning terang yang tidak lagi membantu. Jika Anda perlu membuat notasi ke teks, garis bawahi dan buat catatan di margin. Metode ini juga akan memastikan Anda tidak hanya sekadar membaca teks karena Anda harus menemukan anotasi dan karenanya akan lebih mungkin untuk membacanya.
  • Metode lain yang menurut saya sangat berguna adalah menggambar gambar atau gambar yang relevan dengan topik. Serta memberi Anda bantuan visual, menggambar gambar akan memecah teks dan membuat catatan Anda lebih mudah dibaca.
  • pastikan Anda menyimpan catatan Anda secara efektif. Menulis serangkaian catatan lengkap akan membuang-buang waktu jika Anda kehilangan setengahnya. Saya akan menyarankan investasi dalam file tuas besar. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyimpan catatan Anda dalam urutan dan semua di satu tempat. Cara lain untuk ‘mencadangkan’ catatan Anda adalah memotret. Ada beberapa aplikasi yang memungkinkan Anda membuat notebook virtual dengan foto-foto catatan Anda (Yang selalu berguna untuk sesi revisi cepat di luar ujian!)

Mencatat di laptop

Ini adalah sesuatu yang saya tidak terlibat dalam tulisan tangan saya, tetapi dalam beberapa situasi itu bisa sama atau bahkan lebih bermanfaat. Jika Anda adalah seseorang yang lebih suka melakukan semuanya secara online maka ini mungkin adalah metode terbaik untuk Anda!

  • Satu cara yang sangat efisien untuk membuat catatan di laptop atau tablet adalah menggunakan dokumen online. Ada beberapa platform yang memungkinkan Anda untuk melakukan ini dan mereka efektif untuk Anda berdua sebagai individu dan sebagai kelompok (jika Anda ingin melibatkan teman-teman Anda!) Dengan menggunakan dokumen online Anda dapat memiliki banyak orang yang mengedit semua yang sama dokumen yang memungkinkan Anda untuk saling membantu memahami topik kuliah secara instan dan sebagai kelompok. Jika Anda tidak ingin memiliki dokumen grup, Anda dapat menggunakan platform ini untuk membuat aliran catatan terus menerus sehingga Anda dapat memiliki seluruh modul dalam satu dokumen!
  • Manfaat lain menggunakan laptop untuk membuat catatan adalah memungkinkan Anda untuk memasukkan gambar yang lebih canggih (dan berwarna) untuk membantu pemahaman Anda (dan membuat catatan Anda lebih baik!)
  • Yang ini mungkin tampak agak jelas tetapi TOLONG pastikan Anda menyimpan pekerjaan Anda di mana Anda dapat menemukannya. Buat folder, atur file Anda, dan investasikan dalam memory stick. Tidak ada perasaan yang lebih buruk daripada berpikir Anda telah kehilangan nilai modul catatan atau esai 2000 kata. Menyelamatkan diri Anda dari kerumitan (dan stres) dan mendukung pekerjaan Anda!

 Yang harus dan tidak boleh dilakukan pada kartu catatan!

Akhirnya, mari kita bicara tentang kartu catatan. Beberapa notepad ini dapat menjadi berkat sekaligus kutukan ketika datang ke revisi, tetapi jika Anda menggunakannya dengan benar, mereka dapat menghafal fakta dan mengaitkan konsep dengan mudah! Berikut ini beberapa saran singkat tentang cara menggunakannya:

Jangan mengisinya dengan informasi. Saya menemukan bahwa kartu catatan paling baik digunakan sebagai kartu pertanyaan dan kartu jawaban yang digunakan untuk pengujian diri, atau sebagai kartu kilas dengan satu bagian informasi yang digunakan untuk menghafal. Jika Anda menumpuk terlalu banyak informasi ke kartu flash, pada dasarnya Anda hanya mencoba untuk merevisi dari versi miniatur catatan Anda. Metode yang saya gunakan untuk meniadakan ini adalah poin-poin. Jika catatan Anda ditulis dalam bentuk prosa, rangkum dalam poin-poin di kartu Anda.

Baca juga :

Investasi Yang Menguntungkan Dengan Apartemen Puri Orchard