Jendoyle Design

Jendela Dunia Informasi

Menilik Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Cloud Computing

Hadirnya internet sebagai pusat data membuat layanan cloud di Indonesia semakin berkembang dan dilirik. Pada intinya, prinsip dari layanan cloud ini adalah menggabungkan teknologi komputer dengan jaringan yang menggunakan cloud sebagai perantara. Internet berguna untuk mengakses mesin komputasi yang sudah disediakan oleh provider. Layanan ini menarik perhatian banyak orang karena kefleksibilitasannya. Anda bisa menambahkan spesifikasi RAM dengan hanya mengontak provider, dan waktu yang dibutuhkan pun sangat singkat. Guna mendapatkan layanan tersebut dari provider, Anda hanya perlu membayar biaya yang sesuai dengan layanan yang Anda minta. Namun seperti layanan lain, cloud ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Kelebihan pertama dari layanan ini adalah semua data terpusat dan bisa disinkronkan antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, apabila Anda menyimpan data di google drive, maka Anda bisa mengakses data yang sama melalui smartphone dan komputer. Anda bisa mengaksesnya dalam waktu yang bersamaan karena server google drive telah melakukan sinkronisasi. Kelebihan selanjutnya adalah menghemat biaya operasional yang berhubungan dengan teknologi atau pun biaya investasi. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi perusahaan besar yang memerlukan sumber daya banyak untuk menjalankan aplikasi. Biaya listrik, lisensi, perawatan, dan lain sebagainya tidak perlu pusing dipikirkan karena provider cloud sudah menyediakan layanan yang Anda butuhkan dengan matang.

Namun, layanan ini juga memiliki kekurangan yaitu resiko kebocoran data. Keamanan data dalam sebuah cloud tidak sepenuhnya terjamin sehingga memungkinkan para hacker membobol data milik Anda, dan data milik klien lain. Kekurangan lain adalah layanan ini sangat bergantung pada lancarnya jaringan internet yang menjadi satu-satunya cara mengakses cloud. Apabila jaringan internet mengalami masalah maka akses ke cloud pun akan terputus secara otomatis. Oleh sebab itu, jaringan internet yang kuat diperlukan untuk menghindari hal semacam ini. Selain itu, tingkat keamanan layanan ini pun belum sepenuhnya terjamin, dan Anda pun tidak berhak menuntut penyedia layanan atas kesalahan maupun hilangnya data apabila terjadi gangguan pada cloud.