Jendoyle Design

Jendela Dunia Informasi

Pelajaran Terbaik Dari Ayah Tercinta

Di dunia ini, tidak ada panduan yang jelas dan tidak ada buku pegangan sebagai seorang ayah. Sementara sang wanita dapat membaca berbagai hal tentang cara mengatasinya untuk menjadi seorang ibu, akan tetapi saya tidak pernah menemukan buku panduan sebagai seorang bapak.

Saat mereka melihat istri tersayang sedang mengalami rasa sakit dan dia menunggu dengan sabar mencari sebuah keajaiban kecil yang datang ke dunia dan berusaha mengubah dunia mereka selamanya. Siapa pun pasti sepakat untuk mengatakan bahwa sosok Ibu adalah satu-satunya yang dekat dengan anak-anak. Sedangkan seorang ayah adalah cinta pertamanya pada anak perempuannya dan sahabat terbaik dari anaknya. Sama seperti anda tidak bisa menggantikan cinta seorang Ibu, sosok seorang Ayah pun juga tak tergantikan.

Apakah itu peran seorang Ayah untuk anak?

1. Ayah dalam berbagai kitab agama

Dialah orang yang memberitahumu tentang kebenaran dunia baik maupun buruk. Tanpa bimbingannya, kita masih akan tinggal di alam mimpi kita tentang kebahagiaan dan memikirkan segalanya dan semua orang di luar sana akan membuat kita bahagia. Tanpa disadari, kita belajar dari perjuangan seorang ayah dalam kehidupan sehari-hari. Saya pun belajar bagaimana menggunakan uang, rasa hormat, bersabar, toleransi, belajar meminta maaf dan memberi maaf bahkan mengenal dunia nyata melalui peran ayah.

2. Ayah akan selalu ada dimana-mana

Setiap kali dia memegang tanganku di tengah keramaian, saya tahu dia akan menyelamatkanku dari segalanya dan saya merasa tenang memakan permenku. Bahkan ketika saya sudah tumbuh dewasa dan tiba saatnya menghadapi dunia, saya melangkah keluar dengan percaya diri bahwa dia selalu melihat punggung saya.

3. Ayah mengajarkan bagaimana itu sebuah perjuangan dan tidak pernah menyerah

Menonton ayah sepanjang masa kecil kita, kita belajar bagaimana membuat jalan kita seperti sebuah balapan. Benar bukan? Dia tidak pernah pulang dan memberi kita kuliah tentang cara mencari nafkah, tapi kita mempelajarinya dari raut mukanya yang terlihat seperti pejuang yang sedang lelah setelah berperang. Kita mungkin mendengarnya saat berkeluh kesah hingga saat dia mengatakan benci dengan pekerjaannya, akan tetapi setiap hari ia bangun, mencium saya dan kembali untuk berjuang, hanya untuk memberi kita kehidupan yang bahagia.

4. Ayah mengajar untuk makan bersama keluarga

Ada kalanya saya punya teman untuk nonton maraton film favorit untuk ditonton dan mengalami fase remaja yang ‘ingin terkenal’ hingga akhirnya semua itu meninggalkan saya sendirian. Apapun alasannya, semuanya akan hilang dan tidak berlaku ketika ayah menelepon untuk kembali ke meja makan saat makan malam. Kebiasaan sederhana ini telah mengajari saya pentingnya untuk kembali ke keluarga dan tidak peduli anda sedang di mana di dunia ini sepanjang hari. Dan itu akan tetap selalu menjadi waktu favoritku sampai hari ini.

5. Ayah mengajarkan perbedaan antara keinginan dan kebutuhan

Ingat saat kita benar-benar menginginkan sesuatu dan mengira kita tidak bisa hidup tanpanya dan ayah yang selalu bilang iya tiba-tiba berkata TIDAK! Butuh waktu untuk menyadari tapi dia tahu sebagai anak-anak yang tidak berpengalaman kita tidak dapat membedakan antara keinginan dan kebutuhan, jadi untuk kita, dia dapat melakukan pekerjaan itu, ALWAYS!.

6. Ayah memiliki banyak peran seperti sebagai Guru, Disiplin dan bahkan seorang Badut

Jika ayah bisa menarik garis, merekalah yang mengganti perintah (Bunda) dan membiarkan anda dapat hidup juga. Dia dapat membantu anda mengerjakan semua pekerjaan rumah anda saat malam hari dan bahkan menggambar sebuah diagram. Hanya untuk memastikan anda tidak dimarahi di sekolah. Setiap kali saya membuat kesalahan, ayah adalah sosok yang paling saya takuti. Ayah adalah orang yang paling disiplin dan telah membawa hati nurani kita untuk mengajarkan bagaimana meminta maaf dan membantu memperbaiki kesalahan kita. Pada saat ketika tidak ada yang mengerti dan menertawakan anda seperti origami kapal kertas lucu anda, Dialah yang mampu memberikan tepuk tangan dan memuji ciptaan anda. Dialah yang bermain dengan anda hanya untuk kehilangan selamanya, sehingga anda bisa merasa seperti seorang pemenang.

7. Ayah adalah bagian dari pilar kekuatan

Setiap ayah tahu, di mata anak ayahnya adalah pahlawan. Seorang pahlawan yang melindungi, memperjuangkan kita, selalu membawa hadiah, tertawa dan bermain dengan mereka dan tetap tidak pernah lelah. Seorang ayah adalah selalu mempunyai pundak yang siap menerima tempat untuk menangis dan dapat memberikan kekuatan untuk seluruh keluarga. Dia tahu penting baginya untuk menjadi pahlawan sehingga anak-anaknya mendapatkan kekuatan untuk terus berjuang dan tidak pernah menyerah. Itulah sebabnya, ayah tidak pernah menangis biarpun ayah ingin.

8. Ayah mengajari anda untuk selalu mencintai keluarga anda

Tidak peduli seberapa banyak dia ingin pergi ke pesta kantornya, dia tetap tinggal untuk membantu persiapan ujian saya. Dia kembali lelah dari kantor ingin menonton film tapi malah menenangkanku dengan mengganti dengan channel TV kesukaanku. Tidak pernah sekali pun dia mengeluh mengapa dia harus datang ke taman bermain saat yang dia inginkan adalah tidur dan beristirahat di rumah.

Pengorbanan yang tak berujung yang dibuat oleh seorang ayah untuk memastikan keluarganya bahagia membuat anda bertanya-tanya apa yang akan kita lakukan tanpanya. Sama seperti kita mencintai ibu kita, sosok ayah telah melengkapi kepribadian kita dan membuat kita menjadi orang yang lebih baik. Selamat Hari Ayah, Ayah tersayang!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *