Jendoyle Design

Jendela Dunia Informasi

Waktu Aqiqah Menurut Sunnah

Waktu Aqiqah Menurut Sunnah

Waktu aqiqah menurut sunnah yang terbaik adalah di hari ke 7 kelahiran bayi karena ada contoh dari Nabi Muhammad saat mengaqiqahi cucunya, Hasan dan Husain. Bagaimana menghitung hari aqiqah dan adakah batas waktu aqiqah dalam Islam? Baca penjelasan kami tentang pelaksanaan aqiqah menurut Muhammadiyah di artikel ini. Pada artikel ini kami akan membahas tentang doa aqiqah. Baca juga ulasan kami tentang masker bayam untuk kecantikan wajah.

Waktu Aqiqah Menurut Sunnah

 

Contoh Doa Aqiqah

Ada beberapa doa yang bisa dibacakan bagi anda yang melaksanakan aqiqah ketika memotong bayi saat melaksanakan aqiqah. Doa-doa tersebut bacaannya seperti berikut.

“Bismillahirrohmanirohim. Alhamdulillahi robbil ‘alamin, Allahumma nuurusamawawaati sa nuurusyamsi wal qomari. Allahuma sirrullah nuurunnubuwwati rosulullahi shollallahu ‘alaihi wassalam. Walhamdulillahi robbil ‘alamiin.”

Setelah anda membaca doa sambil memotong rambut bayi anda, maka anda juga dianjurkan untuk meniup ubun-ubun bayi tersebut. Ketika anda meniup ubun-ubun bayi anda, maka anda juga dianjurkan untuk membaca doa berikut.

” Allahumma inni u’iiduhaa wadzuriyyatahaa bika minasy syaithoonir rojiim.”

Waktu Aqiqah Menurut Sunnah dan Doa Aqiqah

Bersedekah saat Akikah

Kemudian dari hadits Ali bin Abi Thalib r.a menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW yang meng-aqiqah-i Hasan dan Husain dengan kambing. Kemudian meminta Fatimah untuk mencukur rambutnya. Cukurlah rambutnya dan bersedekahlah dengan perak seberat rambut itu. Demikian yang disabdakan Rasulullah kepada Fatimah. Lantas Fatimah menimbang rambut tersebut dan ternyata beratnya sekitar satu dirham atau kurang dari satu dirham. Kemudian di dalam beberapa karyanya, Tuhfatul Maudud, Ibnu Qayyim juga menyebutkan beberapa riwayat serta keterangan dari para ulama untuk menganjurkan bersedekah dengan perak seberat rambut bayi, yaitu :

  • Imam Ahmad mengatakan, “Sesungguhnya Fatimah r.a mencukur rambut Hasan dan Husain kemudian bersedekah dengan wariq atau perak seberat rambutnya.
  • Imam Malik juga meriwayatkan di dalam al-Muwatha dari Ja’far bin Muhammad yang mengatakan, Fatimah menimbang rambut Hasan, Husain, Zainab, dan Ummu Kultsum kemudian bersedekah dengan perak seberat rambut itu.
  • Imam Malik, juga mengatakan di dalam al-Muwatha bahwa Fatimah binti Rasulullah SAW menimbang rambut Hasan dan Husain, kemudian bersedekah dengan perak seberat rambut itu.

Waktu Aqiqah Menurut Sunnah bersamaan dengan Potong Rambut

Riwayat-riwayat di atas mengenai doa aqiqah potong rambut bisa diambil kesimpulan, bahwa sunnah mencukur rambut bayi di hari ketujuh setelah kelahiran serta dianjurkan untuk bersedekah seberat rambut bayi yang dicukur. Hal ini seperti yang dilakukan Fatimah. Kemudian setelah mencurkur rambut bayi tersebut, maka ubun-ubun bayi itu ditiup. Bila di hari ketujuh sejak kelahirannya belum juga dicukur rambutnya, maka rambut anak tersebut tetap dicukur setelah meski juga telah baliqh. Hal tersebut juga disebutkan dalam keterangan dari Ibn Hajar Al-Haitami, yang merupakan salah seorang madzab Syafi’i.

Menu Nasi Kebuli Aqiqah dari Pelangi Aqiqah

Contoh Menu Nasi Kebuli Aqiqah dari Pelangi Aqiqah

Bagi anda yang ingin menunaikan ibadah aqiqah bayi, dapat menggunakan jasa aqiqah Bogor dari Pelangi Aqiqah. Harganya murah dan masakannya enak. Praktis lagi.

Kini anda sudah tahu Waktu Aqiqah Menurut Sunnah. Silakan share jika bermanfaat